Panduan membuat lamaran kerja dengan Bahasa yang baik dan benar

Persaingan untuk mencari pekerjaan kini semakin sulit, bukan hanya karena selektifnya lembaga atau perusahaan yang melakukan penerimaan pegawai baru, tetapi juga karena banyaknya tenaga kerja produktif yang sama-sama memiliki kemampuan standar.



Karena keterbatasan tersebut, kadangkala tak jarang seseorang rela melakukan cara-cara yang tidak sportif demi mendapatkan pekerjaan di Instansi atau Perusahaan tertentu, seperti menyogok penitia penerimaan pegawai dan sebagainya.

Tetapi tidak semua instansi/perusahaan mengizinkan hal ilegal tersebut, banyak juga yang melakukan proses rekruitment tenaga kerja secara fair dan transparant. Bila hal ini dilakukan maka persaingan yang terjadi sangat sehat dan proporsional, siapa saja yang memiliki skill dan kemampuan yang terbaik itulah yang akan diterima.

Bentuk surat lamaran kerja yang baik dan benar

Salah satu persyaratan administrasi yang juga menjadi penentu lolos tidaknya berkas permohonan pekerjaan adalah surat lamaran. membuat surat lamaran tidak sembarang seperti membuat surat biasa, ada format, syarat serta trik yang harus dilakukan agar surat lamaran yang diajukan memenuhi kriteria untuk masuk pada proses selanjutnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui seperti apa surat lamaran kerja yang baik dan benar, berikut disajikan contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat dijadikan referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Untuk mengunduh contoh surat lamaran kerja ini dalam bentuk doc (microsoft words) kamu bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini.