Dengan kecanggihan teknologi saat ini, seluruh aktivitas kehidupan kita bisa dilakukan hanya melalui telepon selular/smartphone. Termasuk urusan berbelanja, semua bisa dilakukan secara online. Rasa-rasanya sangat jarang ditemui orang yang sampai sekarang belum pernah berbelanja secara online.


Selain karena lebih mudah dan praktis, melalui belanja online kita juga bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah.

Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak situs belanja online dengan keunggulan serta promo menariknya masing-masing. Disini saya coba merangkum 5 website jual beli yang memberikan harga termurah, mungkin bisa membantu anda untuk membandingkan harga antar toko online lainnya.

5 Website dan Applikasi Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia

Catatan: Kelima daftar dibawah ini dibuat berdasarkan review pribadi. Jika dikemudian hari dirasa ada ketidak sesuaian antara satu website dengan pengalaman pribadi anda, hal tersebut diluar dari tanggung jawab saya.

JD.ID

JD.ID hadir di Indonesia sejak tahun 2015. Sebagai sebuah perusahaan dagang asal tiongkok, website yang sekarang juga sudah tersedia aplikasinya secara global, menjadi saingan cukup kuat untuk berbagai macam platform website jual beli yang sudah ada. Bagaimana tidak, kita bisa menemukan berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga yang cukup murah.



Ditambah dengan dukungan pengiriman mandiri, menjadikan JD.ID termasuk website jual beli yang memiliki jasa pengiriman tercepat dan tidak terpengaruh oleh jadwal jasa kurir yang kadang libur dihari sabtu-minggu atau hari-hari besar.

Shopee

Walau banyak issue yang menyebutkan "maraknya" penipuan oleh oknum seller disini, shopee termasuk website yang menyediakan harga barang-barang dengan nilai yang cukup murah kedua setelah JD.ID. Dan lagi-lagi, fitur free ongkir yang diberikan oleh shopee terhadap pembeli menjadikan e-commerce berlogo orange di aplikasinya ini cukup banyak peminat.

Untuk menghindari dari terkena jebakan oknum seller nakal, anda bisa melakukan kroscek ke beberapa toko online lain sebelum memutuskan hendak membeli di seller tersebut atau tidak.

Tokopedia

Sebagai sebuah startup berstatus unicorn, tokopedia menjadi salah satu rekomendasi jual beli online terpercaya. Beberapa seller yang ada disini bisa memberikan harga termurah yang tidak beda jauh dengan dua aplikasi jual beli seperti JD.ID dan Shopee.


Bagi pembeli maupun penjual bisa meminimalisir kekhawatiran jadi korban penipuan karena metode pembayarannya aman dan terpercaya.

Bukalapak

Walau sempat geger tagar #uninstalbukalapak beberapa bulan yang lalu, tidak menyurutkan saya untuk menulis salah satu marketplace yang berjuang untuk memajukan UMKM di Indonesia.


Dan lewat kerja-keras sang CEOnya, bukalapak menjadi salah satu website dan aplikasi jual beli dengan pengguna terbesar di Indonesia sejak 2010. Bukan hanya itu saja, Bukalapak punya misi untuk berkontribusi bagi perekonomian digital tanah air dengan menjadi salah satu penyumbang pajak terbesar! Selain itu, Bukalapak nyatanya juga sudah merangkul dan membimbing jutaan UKM di Indonesia.

Lazada

Setelah mengalami suntikan dana dari alibaba corp, Lazada bertransformasi menjadi salah satu marketplace yang patut diwaspadai. Kelebihan yang ditawarkan oleh lazada adalah mampu menjadi jembatan pemesanan produk-produk dari luar negeri (china) tanpa harus menghawatirkan masalah pajak yang dibebankan.

Dengan fitur tersebut, tak ayal menjadikan lazada salah satu situs jual beli dengan harga produk-produk termurahnya.



Jika dari kelima daftar yang saya ajukan membuat anda ragu, anda bisa merujuk ke artikel berikut ini sebagai media terpercaya yang telah mereview beberapa situs lain yang menyediakan aplikasi jual beli online di Indonesia.

Selain harga yang termurah, situs-situs diatas juga sudah menyediakan pembelian barang dengan sistem pinjaman online yang sudah terjamin OJK.

Demikian 5 website jual beli online yang bisa digunakan sebagai perbandingan harga termurah.