Tidak semua orang bisa memahami Grammar dengan baik, mungkin ini disebabkan oleh kosakata bahasa Inggris yang sulit dicarikan padanan katanya dengan bahasa Indonesia. Apalagi hal ini di perparah dengan kebiasaan kita yang tidak menempatkan kata secara tepat saat berbincang dengan orang sekitar kita.


Kebiasaan ini justru menjadi salah satu hal buruk yang mempengaruhi cara kita berkomunikasi, dan terbawa hingga ke ranah wawancara kerja. Manakala dihadapkan dengan pilihan harus memperkenalkan diri menggunakan bahasa yang bukan merupakan "Bahasa Ibu" kita pasti akan sangat kelimpungan.
Baca Dulu : Tips Wawancara Kerja - Menghadabi Interview.
Melakukan interview dengan bahasa Inggris bukan perkara sulit, jika kita mau menangkap maksud dari pertanyaan yang di ajukan dan memiliki keberanian untuk mencoba. Jika dengan memberikan cara menjawab pertanyaan interview berbahasa Inggris membuat kamu lebih santai, maka berikut ini adalah daftar pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan bagaimana cara menjawabnya.

Pertanyaan 1 - Please Introduce Yourself

Ketika mendapatkan pertanyaan "Please Introduce Yourself", artinya orang yang mewawancara memberikan kesempatan pada kita untuk memperkenalkan diri. Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan kalimat sebagai berikut : "Thank you for the chance, Hi My Name is [Nama lengkap Anda] but you may call me with [Nama Panggilan]. I am [Usia] Years Old now, and live at [alamat anda saat ini]".

Kalimat ini biasa digunakan untuk memperkenalkan diri secara sederhana dengan menyebutkan siapa nama anda, dan berusaha menjelaskan pada yang melakukan wawancara bahwa anda orang yang ingin lebih sederhana dikenal, melalui menjelaskan nama panggilan yang lebih nyaman dan memberi tau berapa usia anda dan dimana anda tinggal saat ini
Tips : Dalam menjelaskan alamat tinggal, usahakan untuk memberikan alamat yang terdekat dengan kantor atau setidaknya satu regional.

Pertanyaan 2 - Can you Describe Your Job Description In Latest Company

Saat melamar kerja, apalagi jika kalian pindah dari perusahaan lama, seorang HR akan bertanya tentang tanggung jawab apa yang biasa kalian tangani di perusahaan lama tersebut. Gunanya adalah untuk mengukur apakah sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Untuk menjawabnya, anda bisa mengikuti jawaban berikut ini : "In my latest company, I work as [jabatan anda]. My responsibilities are to [Jelaskan apa yang anda kerjakan"
Tips : Jelaskan posisi anda secara tepat, jangan berlebihan. Pastikan bahwa orang yang mewawancara anda mendapatkan inti bahwa anda merupakan orang yang cukup penting dalam pekerjaan tersebut. Akan lebih baik lagi ketika anda menjelaskan capain yang membanggakan.

Pertanyaan 3 - Why you intend to apply in our company

Pertanyaan ini menjadi pertanyaan pamungkas selain salary atau gaji. Yaitu apa alasan kalian ingin bergabung dengan perusahaan tersebut. Karena kadang ada perusahaan yang menilai seseorang dari visi dan misinya ketika bergabung. Jika menemukan pertanyaan ini, kalian bisa menjawab sesuai dengan hati nurani kalian.
Tips : Jawaban jujur akan sangat di apresiasi oleh seorang recruiter, maka dari itu usahakan untuk menjawab dengan jujur dan tidak mengada-ada apalagi melebih-lebihkan.
Walau pertanyaan interview berbahasa inggris ini memiliki banyak variasi, namun pertanyaan yang ditanyakan tidak akan jauh dari tiga pertanyaan di atas. Maka dari itu kuasai kuncinya dan beranikan diri anda untuk menjawab sesuai dengan kemampuan. Selamat mencoba.