Sudah dapat email balasan tentang lamaran pekerjaan, sekarang waktunya mempersiapkan diri untuk bertemu dengan HRD.


Tahapan terpenting dalam melamar pekerjaan adalah interview, tentu setelah kalian selesai melewati berbagai macam test yang dibuat oleh perusahaan tempat kalian melamar pekerjaan. Biasanya interview dilakukan oleh departemen HR dengan tatap muka secara langsung, dan semua orang pasti akan nervous pada tahapan ini, namun kalian bisa mempersiapkan diri dengan cara mengikuti tips bagaimana menghadapi interview saat melamar pekerjaan, simak caranya berikut ini.

Tips Menghadapi Interview - Perkenalkan Diri Secukupnya

Saat interview, kita akan mendapatkan giliran untuk memperkenalkan diri oleh HR atau orang yang melakukan tahapan wawancara. Perkenalkan diri dengan wajar dengan mengikuti daftar perkenalan di bawah ini :
  • Siapa Nama Anda
  • Berapa Usia Anda
  • Latar belakang pendidikan anda
  • Alamat Tinggal anda
  • Kegemaran anda.

Tips Menghadapi Interview - Jawab Pertanyaan Dengan Jelas

Kemudian ada tiba saatnya HR akan bertanya tentang beberapa hal seperti "Apa motivasi anda melamar di kantor ini". Perusahaan sangat suka dengan karyawan yang memiliki visi dan misi dalam bekerja, maka dari itu jelaskan alasan atau motivasi yang jelas, tidak dibuat-buat, agar tidak menimbulkan perasaan nervous ketika diberikan pertanyaan lain.

Tips Menghadapi Interview - Negosiasi Dengan Logis

Nah ini dia pertanyaan penting, terkait salary yang diinginkan. Sebelum melakukan negosiasi terkait salary, pertimbangkan perihal besarnya benefit yang diberikan perusahaan terhadap tanggung jawab pekerjaan yang diberikan. Usahakan benefit yang diberikan sesuai dengan beban pekerjaan yang ada, lalu negosiasikan dengan jumlah pengeluaran tidak terduga selama bekerja.

Menghadapi interview memang tidak mudah bagi mereka yang baru pertama kali mengalaminya, dan tidak semua orang bisa menghadapinya dengan mudah saat kesan pertama. Semoga sukses dengan interview kalian, jika ada pertanyaan terkait persiapan interview, tinggalkan di kolom komentar ya.